21 Januari 2008

Bank Mandiri Masuk Natuna


Bank Mandiri Tbk. terus memperluas jaringannya ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke daerah terpencil seperti Natuna, dengan membuka kantor cabang di Ranai, Kabupaten Natuna. Peresmian KCP Bank Mandiri yang merupakan satu-satunya kantor cabang yang memiliki fasilitas on-line di Kabupaten Natuna tersebut, dihadiri pula oleh Gubernur Kepri H. Ismeth Abdullah, Anggota Komisi XI DPR RI H. Harry Azhar Azis (F-PG), Bupati Natuna H. Daeng Rusnadi dan perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Batam (Jumat, 18/01).

"Natuna merupakan daerah yang baru berkembang, terutama dengan ditemukannya sumber gas alam terbesar di Indonesia," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo, dalam peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri yang ke-956 di Ranai, Natuna, Jumat.

Menurut Agus Martowardojo, dari sektor pertambangan gas saja Pemerintah Daerah setempat dapat memperoleh pendapatan bagi hasil sekitar Rp600 hingga Rp800 miliar per tahun yang secara langsung maupun tidak langsung telah menstimulir laju pembangunan di daerah tersebut.

"Dengan potensi yang dimiliki daerah dan perekonomian masyarakat Kabupaten Natuna yang cukup prospektif, khususnya di ibukota Ranai serta dukungan penuh Pemda Natuna, maka sudah waktunya Bank Mandiri memiliki cabang di sini," jelasnya.

Potensi nasabah di Natuna, katanya, sangat besar terutama perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan dan pertanian. Selain korporasi, Bank Mandiri juga tentu saja akan melayani kalangan pelaku usaha kecil dan menengah serta masyarakat.

Potensi ekonomi terbesar di Natuna adalah pertambangan gas alam cair terbesar di Indonesia (tiga kali besar cadangan Gas Arun Sumut). Saat ini eksplorasi gas di Natuda dilakukan oleh sembilan perusahaan, yaitu Gulf Resource (Kanada), Conoco (AS), Premier Oil Natuna (Inggris), Total Indonesia (Perancis), Caltex (AS), YPF (Argentina), Esso (AS), GFB (Kanada) dan Lasmo (Inggris).

Ia mengungkapkan dalam tempo baru sepuluh hari beroperasi saja, KCP Bank Mandiri Natuna telah berhasil menghimpun 750 rekening dengan total dana yang terhimpun sekitar Rp10 miliar. Dengan dibukanya cabang Bank Mandiri di Natuna, katanya, maka jumlah cabang Bank Mandiri di Riau Kepulauan sudah mencapai 15 cabang. Saat ini di Kepri sudah ada 14 cabang dengan 65 unit ATM.

Bank Mandiri memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha "carporate", komersial, mikro dan ritel, "consumer finance" dan "treasury" dan internasional. Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.

Sampai dengan triwulan ketiga 2007, bank terbesar di Indonesia ini telah berhasil membukukan laba bersih Rp3,179 triliun, atau meningkat 168 persen dibandingkan periode sembilan bulan pertama tahun 2006.

Sementara total kredit yang disalurkan Bank Mandiri sampai dengan September 2007 telah mencapai Rp121,73 triliun dengan dana berbiaya rendah meningkat menjadi Rp122,3 triliun pada akhir periode September 2007.

Sumber : www.antara.co.id

Tidak ada komentar:

Kata Mutiara Hari Ini

Hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan