02 April 2008

Beberapa tips dalam Blogging

by Ivan Wangsa C.L.

Allright, mungkin untuk memperingati 3000 visitors, ada beberapa trik yang sengaja gue buat, berdasarkan pengalaman gue sendiri untuk blogging, dan dari beberapa blog (rata-rata gue lupa URLnya)

1. Tanyakan kepada diri sendiri, apa alasan anda membuat blog anda?

Alasan anda membuat blog anda akan menentukan bagaimana arah blog anda selanjutnya. Mungkin beberapa dari anda bertujuan untuk “have fun aja”, yang lain untuk “sharing with the world”, yang lain mungkin “ngikut tren aja”, atau bahkan “mau cari uang”

Alasan-alasan ini yang akan menentukan bagaimana arah, tujuan dan masa depan dari blog anda.

Dan tanyakan juga, apa daya tarik blog anda? Karena ini akan sangat menentukan, apakah blog anda berada di level “Tidak pantas dibaca”, atau “Outstanding!”

2. Pilih dan putuskan engine blog anda yang disesuaikan dengan tujuan membuat blog anda.

Ada banyak blog engine + subdomain gratis di dunia ini, seperti blogger.com, wordpress.com, blogsome.com, dan lain-lain.

Kalau anda menginginkan sebuah blog yang bisa di-customize dengan spesial dengan JavaScript, sehingga anda bisa berkata, “Ini template gue lo, khusus buat gue aja”, gunakan blogger.com. Blogger juga mensupport AdSense, yaitu program dari Google, sehingga anda dapat memasang iklan dengan sistem Pay Per Click, dan anda mendapat income tambahan dari blog anda.

Kalau anda menginginkan blog yang terlihat professional (pandangan subyektif saya aja si), dan menggunakan beberapa fitur seperti WYSIWYG (What You See Is What You Get), latex, dan lain-lain, gunakan wordpress.com. Perlu diingat, bahwa wordpress.com tidak JavaScript Enabled, dengan alasan, keamanan (JavaScript sangat vulnerable terhadap virus dan spyware, oleh karena itu saya cabut dari blogger ke wordpress.com). Selain itu, wordpress juga mensupport upgrade space dari 3GB ke 5GB, sampai 25GB (kalau tidak salah), dan CSS Editor.

blogsome.com menggunakan engine wordpress.org, salah satu engine terkenal untuk blogging. Fungsinya hampir sama dengan wordpress.org, bahkan anda dapat menggunakan template-template wordpress (saya sempat mengetesnya), dan blogsome men-support JavaScript. Kalau anda menyukai template-template wordpress, dan JavaScript Enabled (khususnya buat anda, para pemasang iklan), maka blogsome adalah pilihan yang tepat untuk anda.

3. Tentukan tema blog anda.

Jangan sampai temanya campur-aduk, satu hari membahas teknologi, besoknya ngebahas cara masak steak setengah matang. Gunakan fitur Category untuk wordpress.com, ato tags untuk blogger.com. Sehingga pembaca dapat membaca apa yang ia perlukan, bukan sampirannya.

4. Tunjukkan bahwa blog anda unik, dan berbeda dari yang lain.

Blog bisa dibilang sebagai sebuah persaingan bagi anda yang ingin blognya dibaca. Kita membuat blog, tujuan dasarnya adalah untuk berbagi dengan dunia, agar dunia membaca blog anda. Jadi, putuskan, apa daya tarik anda? Seorang blogger, bernama Raditya Dika, berhasil menjadi terkenal karena tulisan-tulisannya yang bersifat humor. Bagaimana dengan anda?

Ingat, bahwa sebuah blog itu menarik kalau blog itu tampil berbeda, dan mampu membuat pengunjungnya hanya tidak sekedar datang 1 kali, tapi sampai menjadi pengunjung rutin.

5. Bertukar link dengan blog lain

Mungkin hal ini terdengar agak biasa bagi anda. Tapi, bertukar link adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan pengunjung blog anda. Carilah blogger lain yang ingin bertukar link dengan anda, mungkin anda bisa meninggalkan komentar atau pesan di shoutbox dia. Hasilnya adalah, pengunjung dia mungkin tertarik berkunjung ke blog anda, dan sebaliknya. It’s a Win-Win Solution. Selain itu, dengan bertukar link, PageRank anda kemungkinan besar bertambah, dan Google akan meningkatkan priority blog anda, sehingga blog anda makin banyak dikunjungi orang lain.

6. Pastikan bahwa tulisan-tulisan anda dapat dibaca orang.

Mungki hal ini terdengar konyol, amat konyol bagi anda. Tapi, ada beberapa blogger di luar sana, yang menulis dengan font warna yang hampir sama dengan backgroundnya, sehingga meskipun tulisan anda adalah tulisan terbagus, orang mungkin akan mencerca anda, karena tulisan anda yang tidak bisa dibaca sama sekali, dan membuat pembaca sakit kepala. Ingat bahwa tujuan blogging adalah agar para pembaca membaca blog anda, bukan membuat pembaca pusing dan sakit kepala. Jangan gunakan berbagai macam warna yang terlalu ekstrim, seperti dari hitam langsung ke kuning, lalu hijau, lalu biru muda, dsb. Dipastikan bahwa pembaca blog anda tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Dan satu lagi, pastikan blog anda menggunakan bahasa yang tepat. Setidaknya, jangan gunakan singkatan-singkatan yang mungkin pembaca bisa salah mengartikannya, seperti sex yang ternyata artinya se x –> se kali. Dan usahakan untuk membuat blog anda bersih dari tanda-tanda aneh, seperti ~, ^, %, dsb. (biasanya hal-hal ini berlaku pada blogger cewek)

7. Postinglah dengan teratur dan berisi

Jangan biarkan blog anda menjadi (maaf) sampah yang tidak pernah diupdate. Para pembaca akan lebih senang kalau membaca postingan secara teratur tapi pendek, jika dibandingkan dengan posting yang panjang, tapi diupdate 1 bulan sekali. Berusahalah agar anda menentukan, berapa hari sekali anda harus mengupdate blog anda. Tapi jangan sampai, anda memosting beberapa hal yang tidak berisi, seperti “Saya lagi tidur, jadi udah dulu”. Pastikan bahwa postingan anda berkualitas.

8. Promosikan blog anda dengan efektif

Kalau anda mempunyai akun di beberapa forum, pasanglah websitenya dengan blog anda. Kalau perlu, gantilah signature anda dengan link ke blog anda. Kalau anda menggunakan e-mail, pasang signature anda dengan link ke blog anda. Promosikan blog anda dengan efektif, tapi tidak terkesan seperti Sales yang menjual barang dagangan secara murahan.

9. Daftarkan blog anda ke beberapa blog society

Daftarkan blog anda ke beberapa komunitas blogger, seperti Technorati, Blog-Indonesia, dan lain-lain. Hal ini, bertujuan juga untuk me-rank blog anda, seberapa jauh blog anda.

Daftarkan juga blog anda ke beberapa stat pages. Beberapa blog engine biasanya sudah memasang stats seperti ini, tapi ketika anda butuh statistik yang lebih penting, seperti lama pengunjung berkunjung ke blog anda,dan lain-lain, mungkin anda membutuhkan bantuan dari website lain. Hal ini juga bertujuan untuk memantau, berapa cepat perkembangan blog anda.

10. Belajar dari blogger lain

Mungkin anda bisa belajar dari blogger lain, tentang cara mereka yang sudah berpengalaman, untuk bagaimana caranya membuat posting yang bagus, bagaimana mengatur tampilan blog sebagus mungkin, dan lain-lain. Pengalaman mereka akan menjadi guru yang baik bagi Anda, tapi yang paling penting, ingatlah selalu, bukan Pengalaman mereka yang merupakan guru terbaik bagi anda, tapi pengalaman anda sendiri.

Dan, sebagai salam terakhir dari saya :

Happy Blogging!

P.S. : Jarang-jarang gue bisa posting serius kayak gini…. :mrgreen:

Posted in blog, blogging, internet, tips. Tag:, , , , , , , , , , , , .

sumber : http://wangsacl.wordpress.com/2008/03/15/beberapa-tips-dalam-blogging/

7 komentar:

aMeL mengatakan...

Kok ga ada sumbernya?
Emang tulisan sendiri ato nyalin tu?
Kyknya aq pernah baca beberapa point yg disitu d
hehehe tp tetep ...
Goblogger yaa

Anonim mengatakan...

Ikut memberi tambahan Pak. Adalah itikad baik untuk selalu mencamtumkan sumber, bila seluruh atau sebagian tulisan itu adalah hasil cuplikan dari tulisan orang atau pihak lain. Bila mengabaikan akan hal tersebut maka Anda akan dicap sebagai melakukan plagiat dengan predikat plagiator, yang dalam dunia akademis ini merupakan predikat yang menistakan diri sendiri.

book of raja mengatakan...

terima kasih atas komentarnya dan saya sangat setuju dengan apa yang anda sampaikan tentang plagiator Kasusnya, saya memang pernah membaca sebuah blog yang membuat tip untuk ngeblog, dan saya copy paste namun sy lupa mengkopy linknya...tanpa merasa mengurangi hormat saya pada yang mempunyai tulisan ini, mohon kiranya memberikan informasi...wokeh

Anonim mengatakan...

nih pak link nya...
http://wangsacl.wordpress.com/2008/03/15/beberapa-tips-dalam-blogging/

aMeL mengatakan...

Btw anonim ni, sapa ya?
Jd penasaran, ngasi komen tp ga blh kt tau "siapa dia"
hehehe

Anonim mengatakan...

Ya, sudah dicantumkan sumbernya...
Terima kasih :D

alfon mengatakan...

plagiator dimana2 pasti ada tapi alangkah baiknya jika copas sebutkan sumnbernnya

Kata Mutiara Hari Ini

Hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan