12 April 2008

Hasrat Untuk Berubah

Kala aku muda dan bebas berkhayal,

aku bermimpi ingin mengubah dunia.

Sejalan dengan bertambah usia dan kearifanku,

kudapati dunia tak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun kupersempit,

dan kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku,

namun itu pun tampaknya tiada hasil.

Ketika usiaku makin senja,

dengan upaya terakhir penuh putus asa,

kuputuskan untuk mengubah keluargaku semata,

orang-orang terdekat denganku.

Tapi malangnya, mereka pun tak mau diubah.

Dan kini saat terbaring menanti ajal,

tiba-tiba kusadari:

Andai yang pertama kuubah diriku sendiri dengan menjadikan diriku teladan

mungkin aku dapat mengubah keluarga.

Lalu berkat ilham dan dorongan mereka

aku pun mampu memperbaiki negeriku.

Dan siapa tahu, bahkan aku pun dapat mengubah dunia.

(Karya seorang Bishop Anglikan, 1100 M, tertulis di ruang pemakaman Wetsminster Abbey)

Tidak ada komentar:

Kata Mutiara Hari Ini

Hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan