17 November 2008

Herdi Usman Jadi Sekda Anambas SELAMAT

Jumat, 14 November 2008
TANJUNGPINANG-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardyanto dikabarkan telah memilih Asisten II Sekretariat Daerah Natuna Ir Herdi Usman sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas. Herdi adalah salah satu dari tiga nama yang diusulkan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah untuk mengisi posisi sekda kabupaten baru itu. Dua nama lain yang diusulkan Gubernur Ismeth Abdullah adalah Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan Syaiful Anwar dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Natuna Jufri Gafar.

Penjabat Bupati Kepulauan Anambas Tengku Mukhtaruddin yang dikonfirmasi, Kamis (13/11), tidak menyangkal informasi tentang penunjukan Herdi Usman sebagai Sekda Anambas. Hanya saja dia mengaku belum menerima salinan surat keputusan (SK) tentang pengangkatan Herdi tersebut. "Isunya sih begitu. Tapi kita belum bisa memastikan, karena saya sendiri belum menerima SK-nya," kata Mukhtaruddin.

Meski demikian, Mukhtaruddin mengaku sedang menyiapkan jadwal pelantikan untuk Sekda Anambas yang telah ditunjuk oleh Mendagri tersebut. Ia mengatakan pelantikan akan dilakukan secepatnya. "Untuk minggu ini sepertinya tidak mungkin dilakukan pelantikan. Kita siapkan minggu depanlah, sambil menunggu SK dikirim ke kita," ujarnya.

Humas Badan Pembentukan dan Penyelarasan Kabupaten Kepulauan Anambas (BP2KKA) Fadhil Hasan melalui pesan singkat (short message service/SMS) membenarkan Mendagri telah memilih Herdi sebagai Sekda Anambas. "Sudah terlalu lama KKA terkatung-katung karena soal perbedaan pendapat mengenai Penjabat Bupati dan Sekda. Dengan ditunjuknya Ir Herdi Usman sebagai Sekda untuk membantu Penjabat Bupati Mukhtaruddin oleh Mendagri, maka sekaranglah saatnya kita berbuat mengisi pembangunan di kampung halaman kita. Yang baik sepatutnya kita dukung dan yang bengkok kita luruskan bersama-sama pula," kata Fadhil hasan.

Dihubungi terpisah, Wakil Bupati Natuna Raja Amirullah mengaku belum mendapat informasi soal penunjukan Sekda Anambas. Namun jika kabar tersebut benar, Amirullah berharap hal itu bisa menjadi mesin penggerak untuk mempercepat pembangunan kabupaten bungsu di Kepri itu lebih mandiri.

"Saya belum mendengar mengenai itu. Namun selaku wakil bupati dari kabupaten induk, saya rasa tiga nama yang diusulkan Gubernur ke Mendagri sebelumnya semuanya layak, baik secara administrasi maupun prosedur seleksinya hingga diusulkan ke Mendagri. Artinya, siapapun yang ditunjuk Mendagri saya rasa adalah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anambas. Terlebih lagi, saya harap Sekda Anambas itu bisa menjaga hubungan kerja sama antara Pemprov Kepri, Anambas dan Natuna selaku kabupaten induk. Dan tentunya juga harus bisa bekerjasama dengan Pj Bupati," kata Amirullah. (sm/bs) .....sumber : http://sijorimandiri.net

Berdasarkan UU no. 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah pasal 122 sebagai berikut :
(1) Sekretaris Daerah diangkat dari pegawai negeri sipil yang memenuhi persyaratan.
(2) Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk provinsi diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Gubernur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
(3) Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kabupaten/kota diangkat dan diberhentikan oleh Gubernur atas usul Bupati/Walikota sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
(4) Sekretaris Daerah karena kedudukannya sebagai pembina pengawai negeri sipil di daerahnya.


Ayat 3 jelas menyatakan bahwa Sekda untuk kabupaten diangkat dan diberhentikan oleh gubernur atas usul Bupati sesuai dengan peraturan ..... kok ini atas usul gubernur dan persetujuan menteri? Hehehehehe mungkin daerah yang baru dimekarkan jadi semua tergantung pusat.......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat ye pak herdi, dah jadi petinggi anambas, jangan lokek sangat, perhatikan bawahan jangan asyik besungut dengan bedie oghang, tanpa bawahan kerje tak jalan jadi cooperative lah siket dan bijak.

Anonim mengatakan...

Sekda diberhentikan gubernur atas usul siapa se? Jawab di blog qhu ya, penting..

Kata Mutiara Hari Ini

Hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan